JUMLAH
Fungsi ini artinya adalah menjumlahkan, jadi fungsi Sum dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan isi data berupa angka dalam range tertentu penulisannya. Penulisan FUNGSI SUM dalam Microsoft Excel adalah =SUM ( Cell awal :Cell Akhir ), maksudnya kita disini akan menjumlahkan Cell dari cell awal ke cell akhir. Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.
Kita gunakan Fungsi SUM untuk Menghitung Total Nilai. Maka kita akan menjumlah Cell dari B2 sampai ke B11, sehingga Fungsi Penulisan Sum dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut.
= JUMLAH ( B2 : B11)
Kemudian Tekan Enter. Itulah gunanya Fungsi Jumlah Dalam Microsoft Excel
RATA-RATA
Fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mencari rata-rata dari suatu range tertentu. Penulisan fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut = Average ( cell pertama : cell terakhir). Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.
Misalnya saja kita akan mengisi rata rata. Maka kita dapat menggunakan fungsi Average, berarti untuk mengisi rata rata tersebut kita gunakan B2 sebagai cell pertama kemudian B9 sebagai cell terakhir.
= Rata-rata (B2:B11)
Setetalah penulisannya benar kemudian tekan enter.
Sumber : https://www.jatikom.com/fungsi-sum-average-max-min-dan-count/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar